-->

Bahaya!!! Malware Android Kini Rekam Aktivitas Pengguna

Ancaman keamanan mulai kembali mengintai platform Android. pada kali ini ancaman  berasal dari sebuah malware yang sebelumnya sudah pernah ada, akan tetapi kini telah ditingkatkan kemampuannya.

Malware Baru Android


Malware Android Kini Dapat rekam aktivitas pengguna

Dikutip dari ZDNet, malware yang bernama BianLian ini sebelumnya sudah pernah diketahui pada bulan Oktober tahun lalu oleh sebuah peneliti keamanan cyber yang bernama ThreatFabric.

Namun dari sebuah laporan terbaru, pelaku kriminal di balik BianLian kini telah mengubah taktiknya. Dengan kata lain, malware ini sekarang hadir dibekali kemampuan yang lebih berbahaya.

Peneliti dari Fortinet menyebutkan bahwa malware BianLian ini ternyata selalu mendapatkan update rutin. Adapun BianLian adalah merupakan malware yang menargetkan pengguna dengan akun perbankan di smartphone-nya.

Awalnya, malware ini hanya dapat membaca, mengirim, dan menerim pesan teks, termasuk memantau dan membuat panggilan. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengunci layar penggunanya.

Akan tetapi dalam versi terbaru kali ini, malware ini memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman aktivitas pengguna di smartphone. Jadi, pelaku yang membuat malware ini dapat mengetahui memantau dan menyimpan informasi yang telah dibuat pengguna.

Kemampuan ini membuat penyerang dapat mencuri informasi pengguna, mulai dari username, password, dan informasi rahasia lainnya.

Para peneliti pun menyebut malware ini masih sangat aktif. Karenanya, untuk mencegah menjadi korban dari malware ini sebaiknya pengguna Android lebih berhati-hati saat menginstall aplikasi.

Sebelumnya, malware ternyata dapat masuk ke smartphone kita tidak hanya melalui unduhan di sembarangan sumber.

Sejumlah Perangkat Android Murah Terindikasi Terinfeksi Malware Trojan


Sebagaimana yang telah dikutip dari Ubergizmo, Google belum lama ini mengonfirmasi bahwa ada sejumlah perangkat Android yang telah terinstal malware sejak dari pabrik.

Malware yang dimaksud ternyata adalah Trojan Triada dan ditemukan pada sejumlah perangkat Android murah.

Konfirmasi dari pihak Google ini pada dasarnya adalah untuk mengakui bahwa sejumlah perangkat Android telah dikompromikan oleh malware dan merupakan bagian dari sebuah serangan rantai pasokan.

Terinfeksi Malware Sejak Dalam Pabrikan


Head of Android Google Sundar Pichai berkata bahwa jika ia sedang berada di bisnis menciptakan malware, ia kemungkinan akan menargetkan Android juga.
Hal ini artinya, sejumlah perangkat Android telah dikompromikan bahkan sebelum perangkat itu mencapai konsumennya.

Di mana, setiap penggunaan selanjutnya dari smartphone dan aplikasinya berpotensi membuat sang peretas dapat mengakses konten dan data-data yang ada di smartphone.

Peretas pun dapat mengeksekusi kode dari jarak jauh pada perangkat yang sudah terinstal malware itu.

Nah itulah sedikit artikel mengenai Malware Android kini Dapat Merekam Aktifitas Pengguna. Semoga tulisan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

0 Response to "Bahaya!!! Malware Android Kini Rekam Aktivitas Pengguna"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2