Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
Asuransi Kesehatan Yang Terbaik
Asuransi kesehatan adlah merupakan produk asuransi yg banyak diminati masyarakat. Bagaimanakah kiat memilihnya sehingga memperoleh asuransi kesehatan paling baik? Tidak Sedikit masalah dihadapi saat memilih asuransi kesehatan.
Asuransi bukanlah product yang user-friendly seperti gadget, tanpa butuh baca manual book, semalam pakai segera mampu. Asuransi yakni produk yang fitur dan syaratnya kompleks. Dibutuhkan pemahaman dan kejelian saat memilih asuransi kesehatan. agar dipilih produk paling baik, yang paling tepat dengan kepentingan peserta. Bukan dikarenakan desakan agen atau bujukan rekan.
Lebih baik memilih Asuransi kesehatan keluarga karena merupakan asuransi yang ditujukan secara khusus kepada keluarga karna mampu memberikan jaminan dana saat dirawat dan biaya obat2.an untuk para peserta polis asuransi yang ditanggung sesuai dgn kesepakatan antara nasabah dan prshaan asuransi disaat melakukan pembelian polis asuransi.
Banyaknya biaya yang ditanggung pihak asuransi berbeda antara perusahaan asuransi, sama halnya juga jumlah premi yang harus anda keluarkan setiap bulan. Terdapat juga metode menjalankan klaim asuransi yg memiliki perbedaan, dan terkadang malah timbul kesan seakan-akan berbelit belit dlm melakukan tahapannya.
Maka dari itu sangat perlu diutamakan agar bisa kita pahami tentang tips memilih asuransi kesehatan keluarga supaya mampu memperoleh asuransi yg pas dgn keperluan dan bisa mampu melindungi dgn maksimum utk semua anggota keluarga. Terdapat macam2 jenis asuransi kesehatan keluarga yg dapat anda pilih dari semua perusahaan asuransi & pastinya mempunyai nilai plus dan minusnya.
Tips yang harus anda mengerti supaya lebih tepat sebelum melakukan pembelian asuransi kesehatan keluarga adlah agar dpt memperoleh manfaat dan perlindungan yang optimal dari polis asuransi yg dipilih. Persoalan penting yg harus selalu diingat jgn sekali2 terpikat oleh bujukan agen asuransi atau bujukan teman. pastikan melakukan pencarian info yg banyak mengenai kinerja, syarat2 mereka dan ketentuan-ketentuan penyedia asuransi barulah bisa melakukan pemilihan asuransi apabila sudah dirasa sesuai utk anda dan keluarga.
Untuk dapat memilih dan mengevaluasi dengan benar, peserta mesti tahu dulu bagaimanakah trik memilih asuransi kesehatan paling baik. Ini beberapa arahan yang dapat Kamu ikuti. Mudah-mudahan dapat menolong.
Memilih asuransi kesehatan terbaik
Umumnya yg dijadikan penilaian seseorang dalam memilih asuransi kesehatan diantaranya adalah : jmlh banyaknya manfaat utk rawat inap, rawat jln, serta rawat operasi, dll. Namun dapat sesungguhnya ada hal lain ternyata merupakan pertimbangan penting & seharusnya dijadikan hal yg paling utama saat memilih asuransi.
Dibeberapa negara, asuransi adalah salah satu yg paling trend & sangat diminati, bahkan dinegara kita indonesia, untuk saat ini sepertinya pelan tapi pasti masyarakat indonesia kebanyakan sudah mengerti mengenai seberapa penting ikut asuransi, jenis manapun asuransinya sebab benar telah ada banyak bukti yg ditunjukan jika asuransi mampu dapat memberikan bantuan mengenai masalah yg ada dlm kehidupan.
Cukup banyak masyarakat indonesia yang sadar dan melek asuransi mengakibatkan Semakin berkembangnya perusahaan asuransi makin tersebar dimanapun, dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi, tentu makin memicu calon nasabah semakin selektif saat akan melakukan pembelian asuransi. manfaat, brand, klaim dan premi patut jadi pertimbangan yg semestinya dicek dgn pasti dan akurat maka asuransi yang dipilih memang benar-benar cocok.
Berikut tips yang mungkin bisa memberikan pertimbangan saat melakukan pemilihan asuransi kesehatan terbaik.
1. Pahami jenis produk asuransi kesehatan
Secara garis besar terdapat 2 macam produk yg diberikan penawaran oleh perusahaan2 asuransi kesehatan, yaitu hospital benefit dan hospital cashplan. Jenis asuransi hospital benefit melakukan pemberian berupa penggantian biaya secara terinci atas berbagai macam biaya yg sudah dikeluarkan disaat menjalani pengobatan dirumah sakit.
Metode klaim yang digunakan adalah cashless atau non-reimbursemen umumnya pmberian biaya berobat dirumah sakit dilaksanakan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan.
Sementara itu, hospital cash plan merupakan suatu produk asuransi yg bisa melakukan pergantian pada jumlah (nominal) tertentu sesuai dengan persetujuan diawal kesepakatan. Contohnya, Rp500.000 setiap harinya ketika nasabah di rawat di rumah sakit, tanpa peduli banyaknya uang yg benar2 sudah digunakan oleh nasabah.
Prosedur klaim adalah dgn reimbursement, yaitu nasabah membayar biaya berobat menggunakan uangnya sendiri yg setelah itu dilakukan penggantian oleh perusahaan asuransi setelah mengisi form pengajuan reimbursement.
2. Menyesuaikan dengan keperluan
Banyak jenis asuransi kesehatan sering kali membuat Anda bingung sehingga bisa saja melakukan kesalahan dlm pemilihan asuransi kesehatan bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mencegah hal ini, pahami keperluan & sejarah kesehatan Anda. Kemudian memilih asuransi kesehatan yg cocok & pastinya biaya keuangan yg ditanggung Anda dan keluarga menjadi lebih ringan.
Sebaiknya Anda mengumpulkan dulu apa saja pelayananan yg dibutuhkan dan yg cocok dgn dana yg dimiliki. Untuk contoh, Anda mengumpulkan data tentang biaya berobat di rumah sakit ditambah dgn fasilitas yg ada (contohnya klas VIP dgn biaya kunjungan dokter Rp 250.000 dan fasilitas lainnya). Sehabis melakukan pengumpulan banyak data2 setelahnya akan melakukan pencarian asuransi kesehatan apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.
3. Manfaat yg akan diperoleh harus diketahui dengan jelas
Sebelum melakukan pemilihan asuransi kesehatan, ketahui manfaat yang akan Anda dapatkan. Misalnya, manfaat itu adalh terjamin tersedianya finansiak yg diperlukan utk menanggung biaya kesehatan nasabah. Maka dari itu, tidak perlu risau lagi soal biaya kesehatan.
Cukup klaim dan memberikan bukti2 yg jelas sperti kuitansi saat membayar tagihan kemudian perusahaan asuransi pasti melakukan pembayaran tagihan dirumah sakit itu.
Manfaat lainnya adlah mampu melakukan pengaturan keuangan dengan baik karena Anda harus membayar premi setiap bulan. Bisa dikatakan, harus memisahkan dana dari gaji sebagai karyawan untuk pembayaran premi sebagai dana cadangan utk kesehatan.
4. Rumah Sakit yg kerjasama dgn Asuransi dan jenis perawatannya harus diketahui
Dalam memilih asuransi kesehatan, seharusnya bisa tahu rumah sakit mana saja yg dpt memperbolehkan klaim dari perusahaan asuransi. Sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi yg mampu mengesahkan klaim dr banyak rumah sakit atau dari rumah sakit yang dapat dijangkau dengan mudah bisa dikatakan yg paling dekat dr rumah Anda.
Memastikan tahu rumah sakit mana yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yg dipilih & metode perawatan. Garis besarnya, terdapat dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan asuransi kesehatan antara lain rawat jlan (out patient) & rawat inap (in-patient). Ada pula perusahaan asuransi yg membiayai kelahiran anak dan perawatan gigi.
5. Melakukan pemilihan premi yg sesuai dgn dana yg dimiliki
Premi terjangkau serta pertanggungan sesuai bahkan komplit adlah impian dr nasabah asuransi kesehatan. Akan tetapi, kondisi yg harus diketahui adlah semakin lengkap pertanggungan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi, makin banyak premi yg mesti dibayarkan. Apabila Anda ingin mempesiapkan dana kesehatan Anda, pilihlah asuransi yg tdk membuat kondisi keuangan mengalami kesulitan.
Seharusnya tidak boleh mengabaikan kondisi kesehatan hari ini, karena kebutuhan utama yg tdk terpenuhi karna melunasi premi yg terlalu besar. Oleh karena itu, pililah asuransi kesehatan dengan premi cocok finansial Anda. Semisalnya, saat melakukan pembayaran premi asuransi kesehatan sebesar 10% dari gaji Anda.
6. Kredibelkah status penyedia jasa asuransi
Asuransi termasuk dlm investasi yg cukup lama. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya menggunakan perusahaan asuransi yg kredible. Tahap yg paling mudah adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani produk asuransi kesehatan & alur klaim.
Lebih baik tidak terpikat & terburu-buru langsung percaya pada premi terjangkau yg diberikan dgn manfaat dan metode perawatan yg komplit. Banyak prusahaan asuransi mempunyai macam2 tawaran produk & premi yg beragam utk customernya dgn detail biaya yg ditanggung cukup berbeda juga. Segala info mengenai produk2 tertulis dlm polis, maka baca dgn seksama.
7. Cek Mudah Tidaknya Klaim
Tidak sedikit nasabah yg seperti terkena tipuan sebab mesti melakukan pembayaran biaya berobat dahulu. Pada hal ini banyak nasabah salah melakukan pengambilan produk asuransi karena mengambil produk dengan sistem reimbursement. Nah, jangan sampai salah satu nasabah yg rugi. Ketahui dgn detail mudah tidaknya metode klaim asuransi kesehatan yg nanti dipilih.
Umumnya terdapat 2 macam sistem klaim antara lain cashless & reimbursement. Pada metode proses cashless umumnya pembiayaan saat berobat dirumah sakit diberikan dengan cara memberikan kartu asuransi kesehatan.
Lain halnya dgn system proses reimbursement, pengguna asuransi diharuskan utk melakukan pembayaran dulu seluruh dana pengobatan yg dibutuhkan, yg nantinya dapat diklaimkan ke perusahaan asuransi kesehatan dgn memeberikan lampiran kwitansi pelunasan dr rumah sakit.
Penjelasan lebih lanjut Cashless memang berbeda dengan sistem reimbursment, pada proses reimbursement, saat nasabah mengalami sakit maka peserta diharuskan membiayai dahulu sejumlah uang kerumah sakit, dikemudian hari baru peserta bisa melakukan claim dengan cara khusus serta diwajibkan memberikan bukti2 kuitansi biaya yang terkait jika diperlukan.
Apabila dilakukan perbandingan dgn system cashless, system reimbursment bisa dikatakan cukup merepotkan, jika memang di perusahaan yg diikuti ternyata memakai system reimbursment maka seharusnya sudah paham betul mengenai sistem klaimnya dengan baik agar tidak menyulitkan anda dikemudian nanti, akan tetapi kalau tersedia sistem cashless bagusnya anda memilih sistem cashless.
Minta informasi selengkapnya dr perusahaan asuransi tidak cuma mengenai jmlh premi, namun bisa mengenai syarat2 utk mengajukan klaim asuransi kesehatan apabila nantinya dibutuhkan suatu perawatan kesehatan. Ketentuan ketentuan bersama ini perlu dipelajari dgn detail utk mengantisipasi terjadi ditolaknya klaim asuransi, yg sudah banyak diketahui, perusahaan asuransi memiliki hak tidak mengeluarkan biaya klaim asuransi yg diajukan nasabah dgn beragam sebab yg tidak kita ketahui. Maka pahami & cek dgn detail sebelum melakukan pembelian asuransi kesehatan keluarga. Mengenai tahapan penggantian klaim mungkin ada sedikit pembahasan di point dibawah ini.
Secara umum, ada dua kategori penggantian, yakni :
Pertama, penggantian berdasarkan tagihan budget saat dirawat dirumah sakit. Asuransi kesehatan melakukan penetapan biaya terpisah untuk budget kamar, anggaran dokter, biaya obat, anggaran lab, anggaran operasi, budget spesialis dan lain-lain. Dengan skema ini, peserta tak bakal mengalami overplafond (yang ditukar lebih kecil dari tagihan) maka mesti menambahi kekurangan memakai dana pribadi.
Kedua, bantuan harian rawat inap (cash plan). Tipe ini tak melihat berapa tagihan dari rumah sakit. Saat sakit, penggantian dari asuransi jumlahnya sama, yaitu sebesar bantuan dana setiap harinya dikali jmlh hari perawatan. Akibatnya/resikonya ialah peserta mesti merogoh kocek sendiri kalau tagihannya besar.
Kedua type ini punyai keunggulan dan kelemahan. Tipe ke-2 rata rata preminya relatif murah di bandingkan yg pertama. Yang paling penting, disaat ada tawaran proposal asuransi kesehatan, Kamu paham tipe penggantian mana yang ditawarkan. Sehingga dapat mengambil keputusan dengan benar.
8. Bandingkan dengan produk asuransi dgn produk perushaaan lainnya
Makin tumbuhnya beberapa perusahaan asuransi yg memberikan penawaran bermacam produk dan manfaat perawatan kesehatan, semestinya menjadikan Anda mempunyai sangat banyak opsi. Jadi tidak perlu terpusat ke 1 perusahaan asuransi saja. Lebih baik lagi memeriksa dan melakukan pengecekan keperusahaan asuransi lain serta melakukan perbandingan produk asuransi yg ditawarkan.
Keadaan yg mestinya diperhatikan dlm membuat perbandingan produk asuransi adlh premi tia[ bulan, macam2 pemeliharaan kesehatan, metode klaim, provider/rumah sakit yg berpatisipasi, dan manfaat2 lainnya yg diberikan penawaran dr perusahaan2 asuransi.
9. Jangan mengambil asuransi lewat sales tele-marketing
Agen asuransi yg menjalankan rekruitmen kpd calonnasabah biasanya melalui cara dgn bertemu bertatap muka. Akan tetapi, ditemui juga agen asuransi yg melakukan kontak dgn calon nasabah melalui telephon biasa disebut telemarketing. Sebab cepatnya durasi saat menelepon menjadikan suatu produk asuransi tidak dapat dijelaskan secara mendetail.
Alangkah baiknya jika berpikir lebih panjang, menganalisa & mencari info yg lainnya, saat akan mengambil keputusan tawaran yg akan diambil. Jika sudah melakukan pembelian produk dan jadi nasabah tapi hendak memutuskan kontrak, biasanya premi yang terkumpul tdk bisa kembali.
Sekali lagi apabila tidak tepat dan detail dlm melakukan pemilihan awal, Sdah dipastikan mengalami kerugian nantinya. Maka, lebih baik meminta tempo utk bisa berpikir mungkin beberapa hari sebelum membuat suatu keputusan.
10. Sebaiknya memilih asuransi kesehatan murni
Apabila menginginkan manfaat asuransi kesehatan yg komplit tapi mempunyai dana yg kurang, Maka lebih baik memilih asuransi kesehatan murni. Premi asuransi kesehatan murni cukup lebih rendah dibanding asuransi plus investasi. Hal ini untuk tujuan investasi.
11. Menggunakan System Cashless
Cashless yakni sistem penggantian klaim yang memakai kartu. Dengan menunjukkan card cashless, peserta asuransi kesehatan tak butuh menalangi dulu pembayaran tagihan rumah sakit waktu dirawat inap. Cashless ini tidak serupa dengan sistem reimbursement. Dengan ini, peserta mesti membayar dahulu tagihan dan setelah itu ajukan penggantian ke asuransi.
Tidak Sedikit pengalaman menunjukkan proses reimbursement tak praktis. Sebab itu, sistem cashless lebih direkomendasikan. Cari asuransi yang memakai cashless. Bila asuransinya cuma tersedia sebuah system reimbursement, harus memastikan mengerti tahapannya disaat nanti mesti mengklaim tagihan rumah sakit.
Dalam persoalan ini pastinya perusahaan asuransi yg memiliki dukungan System Cashless memiliki kelebihan sendiri drpd perusahaan asuransi yg hanya menyediakan sistem reimbursement. Jadi tanyakan juga ke agen asuransi yg memberikan penawaran produk asuransi kesehatan keluarga apa perusahaan agen tersebut didukung pada metode proses Cashless / tetap memakai system Reimbursement.
12. Di Terima Seluruh Rumah Sakit
Pastikan rumah sakit apa saja yang dapat menerima klaim dari asuransi kesehatan tersebut. Cari yang asuransi kesehatan yg dapat menerima klaim dari seluruh rumah sakit di dalam ataupun di luar negeri. Kebanyakan pihak asuransi kesehatan telah mempunyai list rumah sakit yang kerja sama dengan mereka. Makin banyak yang kerja sama makin baik.
Ini yang paling penting pastikan melakukan pemilihan asuransi kesehatan keluarga yg memiliki dukungan dr semua rumah sakit tdk cuma sedikit rumah sakit pilihan yg mengakui klaim asuransi kesehatan itu, makin banyak rumah sakit yg berpartisipasi dgn perusahaan asuransi itu sudah pasti makin baik dan mudah pula pelayanan yg diberikan.
Maka tdk mesti melakukan pemilihan rumah sakit tertentu dahulu yg akan dipilih, minimal terdapat tidak bnyak opsi list rumah sakit paling dekat yg memperbolehkan klaim asuransi kesehatan yg dimiliki maka bisa melakukan pemilihan ingin memperoleh perawatan dirumah sakit dimana saja. Bertanya & meminta list rumah sakit yg menerima atau bekerja sama dgn perusahaan asuransi kesehatan keluarga yg dimiliki
Sebab sistem cashless, yang diuraikan dalam poin 1 diawal mulanya, cuma dapat dipakai di rumah sakit yang telah kerja sama dengan pihak asuransi. System cashless mesti diikuti dengan jumlah rumah sakit kerja sama yang tidak sedikit agar manfaatnya optimal.
13. Asuransi Kesehatan Keluarga
Memilih produk yg memberikan asuransi kesehatan keluarga. Yg dimaksud adlah disaat satu keluarga, contohnya 3 orang anggota, mengajukan maka cuma digunakan satu polis asuransi kesehatan. Seluruh anggota keluarga masuk hanya ke satu polis asuransi. Dengan hanya satu polis buat satu keluarga, preminya bakal jauh lebih murah, di bandingkan masing-masing anggota mesti membeli satu polis sendiri-sendiri.
Misalnya, ini kisah nyata, ada satu keluarga terdiri dari 4 orang. Mereka ajukan asuransi kesehatan klas kmar 500rb. Dgn asuransi kesehatan keluarga, keseluruhan premi yaitu Rp 20 juta setahun. Sementara, bila beli polis sendiri-sendiri, keseluruhan premi untuk 4 orang ialah 48 juta rupiah pertahun.
14. Syarat Rawat Inap
lihat syarat rawat inap yang diterapkan oleh pihak terkait. Detilnya perhatikan di polis atau tanyakan ke agen saat ajukan proposal ke Kamu.
15. Jumlah tanggungan Asuransi Keluarga
Terdapat Perusahaan asuransi cuma memberikan tanggungan maksimal 3 anggota keluarga, yg diartikan memberikan perlindungan dana saat dirawat hnya dberikan atau cuma bisa digunakan oleh suami, istri & 1 anak. dan ada sebagian perusahaan asuransi lainnya menanggung bisa mencapai 5orang. Maka cerdiklah dlm memilih.
jika anda hanya memiliki satu orang anak sebaiknya memilih asuransi kesehatan yg cukup melakukan penanggungan 3 orang saja dan tentunya jumlah preminya lebih sedikit dibandingkan asuransi kesehatan yg memberikan penanggungan 5orang anggota keluarga. namun jika anda memilik anak lebih dr 1 alangkah baiknya memikirkan lg perusahaan & produk paket asuransi mana yang akan anda pilih.
16. Jumlah premi Asuransi Kesehatan
Banyaknya premi yang harus anda bayar setiap bulan nya juga merupakan faktor utama utk diperhatikan, Beberapa perusahaan asuransi mennentukan jmlh premi yg kecil akan tetapi manfaat yang didapatkan biasa saja. Namun ada beberapa perusahaan asuransi yg melakukan penetapan premi yang tinggi namun manfaat yang bisa kita dapatkanpun tidak jauh berbeda.
Maka cerdiklah saat melakukan pemilihan, meminta draft atau daftar biaya dr sebagian perusahaan asuransi kesehatan keluarga lalu perbandingkan produk yg lebih sesuai utk satu keluarga. tetapi rata-rata jika preminya besar umumnya pertanggungan yg akan diberi pasti besar & keseluruhan masuk didlmnya tagihan kamar, ongkos dokter & pengeluaran perawatan lainnya.
17. Jumlah Klaim Asuransi Kesehatan Keluarga
Diwajibkan bertanya kpd agen asuransi yg memberikan penawaran dokumen asuransi mengenai banyaknya jmlh pertanggungan / penggantian biaya yg nantinya diperoleh jika suatu saat sakit & sampai dirawat atau terkena musibah. Harus juga ditanyakan juga atau Lihat daftar biaya-biaya apa saja yg diganti saat mengajukan klaim asuransi kesehatan.
Ada beberapa Perusahaan asuransi Kesehatan yang hanya memberikan dana bantuan perhari. Metode lup-sum contohnya bantuan yang anda dapatkan sekitar Rp 500.000 kemudian dikalikan dgn jmlh hari saat dirawat dirumahsakit. Banyaknya bantuan umumnya bergantung kepada bnyaknya premi yg biasa dibayarkan.
System lup-sum sendiri mempunyai nilai tambah dan kekurangan karena mereka hanya memberikan santuan dengan jmlh terbatas dan tdk memberikan penanggungan dana saat dirawat, pelunasan kamar, tagihan dokter & tagihan lain. Apabila terjadi saat tagihan biaya perawatan sangat banyak tidak sebanding dgn dana bantuan asuransi, dipastikan anda musti menanggung kekurangan biaya perawatan lainnya. Sedangkan nilai plusnya jika biaya saat dirawat tidak lebih besat dr bantuan.
Kemudian ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan keluarga yg memberikan penanggungan full utk pendanaan saat dirawat & penyembuhan, termasuk biaya dokter, pemeriksaan penunjang dan kebutuhan dana lainnya. Sudah dipastikan akan membantu & lebih bagus dari biaya santunan, akan tetapi itu kembali kpd calon nasabah produk mana yg akan dipilih, cara dan jumlah klaim asuransi yg mana yg diminati sinkronkan juga dgn premi yang harus dibayar.
18. Pilih asuransi yang meng-cover penyakit kritis
Yang termasuk dalam kategori penyakit kritis contohnya : jantung, cancer, tumor, dan stroke dll. Ini adalah penyakit yang bisa paling ditakuti oleh semua orang
19. Pilih asuransi yg memberikan proteksi cacat tetap total
Disamping mampu melakukan perlindungan trhadap penyakit kritis, keadaan bermanfaat yg lain dapat dijadikan keutamaan adlh asuransi itu diharuskan memberikan cover cacat tetap/total, disebabkan krna sakit ataupun musibah tabrakan hingga yg mengalami tersebut tdk dapat bekerja lagi.
20. Masa Proteksi
Jika Anda memutuskan utk mempunyai perlindungan lebih sekarang, maka seharusnya melakukan penghitungan bisa sampai di usia berapa Anda akan diproteksi,
21. Testimoni Nasabah Lain
Lebih baik memilih perusahaan asuransi yg sudah bisa dipercaya dan memiliki testimony yg positif dr nsabah yg sudah mengikuti & membeli produknya.
22. Penilaian media
Memilih asuransi kesehatan yg mampu benar2 sudah memperoleh kesan positif dari penilaian diberbagai media, seperti Media Asuransi & Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) Indonesia.
Setelah banyak Tips dalam melakukan pemilihan Asuransi kesehatan dapat disimpulkan :
1. Tahu jelas berapa jmlh anggota keluarga yang akan ditanggung oleh polis asuransi tersebut.
2. Bertanya serta membandingkan Jmlh premi yg akan wajib dibayar setiap bulannya antara satu atau lebih perusahaan asuransi yg memiliki produk asuransikesehatan keluarga
3. Mengetahui tentang berapa kisaran tanggungan biaya yang kita terima /manfaat yg nanti akan diperoleh jikalau pada saat nnti terkena sakit / kecelakaan
4. Ketahui dan tanyakan dengan pasti mengenai alur tahapan klaim asuransi kalau diperlukan, Masuk didalamnya tahu mengenai persyaratan, sistem atau kemudahan dalam melakukan klaim asuransi.
5. Memastikan Perusahaan asuransi Kesehatan utk keluarga yang anda pilih bekerja sama dengan banyak rumah sakit tidak cuma rumah sakit pilihan yg bisa memperkenankan pergantian biaya klaim asuransi kesehatan yang anda miliki
Di Negara kita ditemui tidak sedikit macam2 asuransi kesehatan yg ditawarkan. Masing-masing bisa akan mengklaim dirinya sebagai asuransi kesehatan paling baik. Jika saat menerima slogan & penawaran brosur / bulletin dari perusahaan-perusahaan asuransi tersebut, kita dijamin pasti kebingungan. asuransi kesehatan yg paling baik dan juga mana yang kurang atau tidak bagus.
Untuk itu kita sangat diperlukan menemukan antara keperluan asuransi dengan program asuransi kesehatan yang mereka tawarkan. Sudah dipastikan setiap orang mempunyai keperluan asuransi yang berbeda. Demikian juga pula masing-masing perusahaan asuransi mempunyai produk, sistem & tahapan sebuah system pembayaran premi yang berbeda.
Pertama-tama harus jelas dulu utk apa mengikuti sebuah asuransi kesehatan. Jika merangkum & dgn pemahaman yg simple, pada dasarnya alasan2 apabila orang ikut dalam perencanaan asuransi kesehatan adlh :
1. Kesadaran dan pemahaman bahwa kesehatan itu mahal.
2. Pembiayaan rumah sakit yg makin mahal.
3. Kondisi kesehatan tidak bisa diramalkan (unpredictable).
4. Paham resiko pekerjaan krn berada dilapangan.
5. Tidak memiliki proteksi dari kantor / tempat bekerja.
6. Berstatus karyawan swasta & tdk terjaminnya kesehatan.
7. Agar jika akan melakukan pengobatan di rumah sakit bisa gratis.
Asuransi kesehatan adlah merupakan produk asuransi yg banyak diminati masyarakat. Bagaimanakah kiat memilihnya sehingga memperoleh asuransi kesehatan paling baik? Tidak Sedikit masalah dihadapi saat memilih asuransi kesehatan.
Asuransi bukanlah product yang user-friendly seperti gadget, tanpa butuh baca manual book, semalam pakai segera mampu. Asuransi yakni produk yang fitur dan syaratnya kompleks. Dibutuhkan pemahaman dan kejelian saat memilih asuransi kesehatan. agar dipilih produk paling baik, yang paling tepat dengan kepentingan peserta. Bukan dikarenakan desakan agen atau bujukan rekan.
Lebih baik memilih Asuransi kesehatan keluarga karena merupakan asuransi yang ditujukan secara khusus kepada keluarga karna mampu memberikan jaminan dana saat dirawat dan biaya obat2.an untuk para peserta polis asuransi yang ditanggung sesuai dgn kesepakatan antara nasabah dan prshaan asuransi disaat melakukan pembelian polis asuransi.
Banyaknya biaya yang ditanggung pihak asuransi berbeda antara perusahaan asuransi, sama halnya juga jumlah premi yang harus anda keluarkan setiap bulan. Terdapat juga metode menjalankan klaim asuransi yg memiliki perbedaan, dan terkadang malah timbul kesan seakan-akan berbelit belit dlm melakukan tahapannya.
Maka dari itu sangat perlu diutamakan agar bisa kita pahami tentang tips memilih asuransi kesehatan keluarga supaya mampu memperoleh asuransi yg pas dgn keperluan dan bisa mampu melindungi dgn maksimum utk semua anggota keluarga. Terdapat macam2 jenis asuransi kesehatan keluarga yg dapat anda pilih dari semua perusahaan asuransi & pastinya mempunyai nilai plus dan minusnya.
Tips yang harus anda mengerti supaya lebih tepat sebelum melakukan pembelian asuransi kesehatan keluarga adlah agar dpt memperoleh manfaat dan perlindungan yang optimal dari polis asuransi yg dipilih. Persoalan penting yg harus selalu diingat jgn sekali2 terpikat oleh bujukan agen asuransi atau bujukan teman. pastikan melakukan pencarian info yg banyak mengenai kinerja, syarat2 mereka dan ketentuan-ketentuan penyedia asuransi barulah bisa melakukan pemilihan asuransi apabila sudah dirasa sesuai utk anda dan keluarga.
Untuk dapat memilih dan mengevaluasi dengan benar, peserta mesti tahu dulu bagaimanakah trik memilih asuransi kesehatan paling baik. Ini beberapa arahan yang dapat Kamu ikuti. Mudah-mudahan dapat menolong.
Memilih asuransi kesehatan terbaik
Umumnya yg dijadikan penilaian seseorang dalam memilih asuransi kesehatan diantaranya adalah : jmlh banyaknya manfaat utk rawat inap, rawat jln, serta rawat operasi, dll. Namun dapat sesungguhnya ada hal lain ternyata merupakan pertimbangan penting & seharusnya dijadikan hal yg paling utama saat memilih asuransi.
Dibeberapa negara, asuransi adalah salah satu yg paling trend & sangat diminati, bahkan dinegara kita indonesia, untuk saat ini sepertinya pelan tapi pasti masyarakat indonesia kebanyakan sudah mengerti mengenai seberapa penting ikut asuransi, jenis manapun asuransinya sebab benar telah ada banyak bukti yg ditunjukan jika asuransi mampu dapat memberikan bantuan mengenai masalah yg ada dlm kehidupan.
Cukup banyak masyarakat indonesia yang sadar dan melek asuransi mengakibatkan Semakin berkembangnya perusahaan asuransi makin tersebar dimanapun, dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi, tentu makin memicu calon nasabah semakin selektif saat akan melakukan pembelian asuransi. manfaat, brand, klaim dan premi patut jadi pertimbangan yg semestinya dicek dgn pasti dan akurat maka asuransi yang dipilih memang benar-benar cocok.
Berikut tips yang mungkin bisa memberikan pertimbangan saat melakukan pemilihan asuransi kesehatan terbaik.
1. Pahami jenis produk asuransi kesehatan
Secara garis besar terdapat 2 macam produk yg diberikan penawaran oleh perusahaan2 asuransi kesehatan, yaitu hospital benefit dan hospital cashplan. Jenis asuransi hospital benefit melakukan pemberian berupa penggantian biaya secara terinci atas berbagai macam biaya yg sudah dikeluarkan disaat menjalani pengobatan dirumah sakit.
Metode klaim yang digunakan adalah cashless atau non-reimbursemen umumnya pmberian biaya berobat dirumah sakit dilaksanakan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan.
Sementara itu, hospital cash plan merupakan suatu produk asuransi yg bisa melakukan pergantian pada jumlah (nominal) tertentu sesuai dengan persetujuan diawal kesepakatan. Contohnya, Rp500.000 setiap harinya ketika nasabah di rawat di rumah sakit, tanpa peduli banyaknya uang yg benar2 sudah digunakan oleh nasabah.
Prosedur klaim adalah dgn reimbursement, yaitu nasabah membayar biaya berobat menggunakan uangnya sendiri yg setelah itu dilakukan penggantian oleh perusahaan asuransi setelah mengisi form pengajuan reimbursement.
2. Menyesuaikan dengan keperluan
Banyak jenis asuransi kesehatan sering kali membuat Anda bingung sehingga bisa saja melakukan kesalahan dlm pemilihan asuransi kesehatan bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mencegah hal ini, pahami keperluan & sejarah kesehatan Anda. Kemudian memilih asuransi kesehatan yg cocok & pastinya biaya keuangan yg ditanggung Anda dan keluarga menjadi lebih ringan.
Sebaiknya Anda mengumpulkan dulu apa saja pelayananan yg dibutuhkan dan yg cocok dgn dana yg dimiliki. Untuk contoh, Anda mengumpulkan data tentang biaya berobat di rumah sakit ditambah dgn fasilitas yg ada (contohnya klas VIP dgn biaya kunjungan dokter Rp 250.000 dan fasilitas lainnya). Sehabis melakukan pengumpulan banyak data2 setelahnya akan melakukan pencarian asuransi kesehatan apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.
3. Manfaat yg akan diperoleh harus diketahui dengan jelas
Sebelum melakukan pemilihan asuransi kesehatan, ketahui manfaat yang akan Anda dapatkan. Misalnya, manfaat itu adalh terjamin tersedianya finansiak yg diperlukan utk menanggung biaya kesehatan nasabah. Maka dari itu, tidak perlu risau lagi soal biaya kesehatan.
Cukup klaim dan memberikan bukti2 yg jelas sperti kuitansi saat membayar tagihan kemudian perusahaan asuransi pasti melakukan pembayaran tagihan dirumah sakit itu.
Manfaat lainnya adlah mampu melakukan pengaturan keuangan dengan baik karena Anda harus membayar premi setiap bulan. Bisa dikatakan, harus memisahkan dana dari gaji sebagai karyawan untuk pembayaran premi sebagai dana cadangan utk kesehatan.
4. Rumah Sakit yg kerjasama dgn Asuransi dan jenis perawatannya harus diketahui
Dalam memilih asuransi kesehatan, seharusnya bisa tahu rumah sakit mana saja yg dpt memperbolehkan klaim dari perusahaan asuransi. Sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi yg mampu mengesahkan klaim dr banyak rumah sakit atau dari rumah sakit yang dapat dijangkau dengan mudah bisa dikatakan yg paling dekat dr rumah Anda.
Memastikan tahu rumah sakit mana yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yg dipilih & metode perawatan. Garis besarnya, terdapat dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan asuransi kesehatan antara lain rawat jlan (out patient) & rawat inap (in-patient). Ada pula perusahaan asuransi yg membiayai kelahiran anak dan perawatan gigi.
5. Melakukan pemilihan premi yg sesuai dgn dana yg dimiliki
Premi terjangkau serta pertanggungan sesuai bahkan komplit adlah impian dr nasabah asuransi kesehatan. Akan tetapi, kondisi yg harus diketahui adlah semakin lengkap pertanggungan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi, makin banyak premi yg mesti dibayarkan. Apabila Anda ingin mempesiapkan dana kesehatan Anda, pilihlah asuransi yg tdk membuat kondisi keuangan mengalami kesulitan.
Seharusnya tidak boleh mengabaikan kondisi kesehatan hari ini, karena kebutuhan utama yg tdk terpenuhi karna melunasi premi yg terlalu besar. Oleh karena itu, pililah asuransi kesehatan dengan premi cocok finansial Anda. Semisalnya, saat melakukan pembayaran premi asuransi kesehatan sebesar 10% dari gaji Anda.
6. Kredibelkah status penyedia jasa asuransi
Asuransi termasuk dlm investasi yg cukup lama. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya menggunakan perusahaan asuransi yg kredible. Tahap yg paling mudah adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani produk asuransi kesehatan & alur klaim.
Lebih baik tidak terpikat & terburu-buru langsung percaya pada premi terjangkau yg diberikan dgn manfaat dan metode perawatan yg komplit. Banyak prusahaan asuransi mempunyai macam2 tawaran produk & premi yg beragam utk customernya dgn detail biaya yg ditanggung cukup berbeda juga. Segala info mengenai produk2 tertulis dlm polis, maka baca dgn seksama.
7. Cek Mudah Tidaknya Klaim
Tidak sedikit nasabah yg seperti terkena tipuan sebab mesti melakukan pembayaran biaya berobat dahulu. Pada hal ini banyak nasabah salah melakukan pengambilan produk asuransi karena mengambil produk dengan sistem reimbursement. Nah, jangan sampai salah satu nasabah yg rugi. Ketahui dgn detail mudah tidaknya metode klaim asuransi kesehatan yg nanti dipilih.
Umumnya terdapat 2 macam sistem klaim antara lain cashless & reimbursement. Pada metode proses cashless umumnya pembiayaan saat berobat dirumah sakit diberikan dengan cara memberikan kartu asuransi kesehatan.
Lain halnya dgn system proses reimbursement, pengguna asuransi diharuskan utk melakukan pembayaran dulu seluruh dana pengobatan yg dibutuhkan, yg nantinya dapat diklaimkan ke perusahaan asuransi kesehatan dgn memeberikan lampiran kwitansi pelunasan dr rumah sakit.
Penjelasan lebih lanjut Cashless memang berbeda dengan sistem reimbursment, pada proses reimbursement, saat nasabah mengalami sakit maka peserta diharuskan membiayai dahulu sejumlah uang kerumah sakit, dikemudian hari baru peserta bisa melakukan claim dengan cara khusus serta diwajibkan memberikan bukti2 kuitansi biaya yang terkait jika diperlukan.
Apabila dilakukan perbandingan dgn system cashless, system reimbursment bisa dikatakan cukup merepotkan, jika memang di perusahaan yg diikuti ternyata memakai system reimbursment maka seharusnya sudah paham betul mengenai sistem klaimnya dengan baik agar tidak menyulitkan anda dikemudian nanti, akan tetapi kalau tersedia sistem cashless bagusnya anda memilih sistem cashless.
Minta informasi selengkapnya dr perusahaan asuransi tidak cuma mengenai jmlh premi, namun bisa mengenai syarat2 utk mengajukan klaim asuransi kesehatan apabila nantinya dibutuhkan suatu perawatan kesehatan. Ketentuan ketentuan bersama ini perlu dipelajari dgn detail utk mengantisipasi terjadi ditolaknya klaim asuransi, yg sudah banyak diketahui, perusahaan asuransi memiliki hak tidak mengeluarkan biaya klaim asuransi yg diajukan nasabah dgn beragam sebab yg tidak kita ketahui. Maka pahami & cek dgn detail sebelum melakukan pembelian asuransi kesehatan keluarga. Mengenai tahapan penggantian klaim mungkin ada sedikit pembahasan di point dibawah ini.
Secara umum, ada dua kategori penggantian, yakni :
Pertama, penggantian berdasarkan tagihan budget saat dirawat dirumah sakit. Asuransi kesehatan melakukan penetapan biaya terpisah untuk budget kamar, anggaran dokter, biaya obat, anggaran lab, anggaran operasi, budget spesialis dan lain-lain. Dengan skema ini, peserta tak bakal mengalami overplafond (yang ditukar lebih kecil dari tagihan) maka mesti menambahi kekurangan memakai dana pribadi.
Kedua, bantuan harian rawat inap (cash plan). Tipe ini tak melihat berapa tagihan dari rumah sakit. Saat sakit, penggantian dari asuransi jumlahnya sama, yaitu sebesar bantuan dana setiap harinya dikali jmlh hari perawatan. Akibatnya/resikonya ialah peserta mesti merogoh kocek sendiri kalau tagihannya besar.
Kedua type ini punyai keunggulan dan kelemahan. Tipe ke-2 rata rata preminya relatif murah di bandingkan yg pertama. Yang paling penting, disaat ada tawaran proposal asuransi kesehatan, Kamu paham tipe penggantian mana yang ditawarkan. Sehingga dapat mengambil keputusan dengan benar.
8. Bandingkan dengan produk asuransi dgn produk perushaaan lainnya
Makin tumbuhnya beberapa perusahaan asuransi yg memberikan penawaran bermacam produk dan manfaat perawatan kesehatan, semestinya menjadikan Anda mempunyai sangat banyak opsi. Jadi tidak perlu terpusat ke 1 perusahaan asuransi saja. Lebih baik lagi memeriksa dan melakukan pengecekan keperusahaan asuransi lain serta melakukan perbandingan produk asuransi yg ditawarkan.
Keadaan yg mestinya diperhatikan dlm membuat perbandingan produk asuransi adlh premi tia[ bulan, macam2 pemeliharaan kesehatan, metode klaim, provider/rumah sakit yg berpatisipasi, dan manfaat2 lainnya yg diberikan penawaran dr perusahaan2 asuransi.
9. Jangan mengambil asuransi lewat sales tele-marketing
Agen asuransi yg menjalankan rekruitmen kpd calonnasabah biasanya melalui cara dgn bertemu bertatap muka. Akan tetapi, ditemui juga agen asuransi yg melakukan kontak dgn calon nasabah melalui telephon biasa disebut telemarketing. Sebab cepatnya durasi saat menelepon menjadikan suatu produk asuransi tidak dapat dijelaskan secara mendetail.
Alangkah baiknya jika berpikir lebih panjang, menganalisa & mencari info yg lainnya, saat akan mengambil keputusan tawaran yg akan diambil. Jika sudah melakukan pembelian produk dan jadi nasabah tapi hendak memutuskan kontrak, biasanya premi yang terkumpul tdk bisa kembali.
Sekali lagi apabila tidak tepat dan detail dlm melakukan pemilihan awal, Sdah dipastikan mengalami kerugian nantinya. Maka, lebih baik meminta tempo utk bisa berpikir mungkin beberapa hari sebelum membuat suatu keputusan.
10. Sebaiknya memilih asuransi kesehatan murni
Apabila menginginkan manfaat asuransi kesehatan yg komplit tapi mempunyai dana yg kurang, Maka lebih baik memilih asuransi kesehatan murni. Premi asuransi kesehatan murni cukup lebih rendah dibanding asuransi plus investasi. Hal ini untuk tujuan investasi.
11. Menggunakan System Cashless
Cashless yakni sistem penggantian klaim yang memakai kartu. Dengan menunjukkan card cashless, peserta asuransi kesehatan tak butuh menalangi dulu pembayaran tagihan rumah sakit waktu dirawat inap. Cashless ini tidak serupa dengan sistem reimbursement. Dengan ini, peserta mesti membayar dahulu tagihan dan setelah itu ajukan penggantian ke asuransi.
Tidak Sedikit pengalaman menunjukkan proses reimbursement tak praktis. Sebab itu, sistem cashless lebih direkomendasikan. Cari asuransi yang memakai cashless. Bila asuransinya cuma tersedia sebuah system reimbursement, harus memastikan mengerti tahapannya disaat nanti mesti mengklaim tagihan rumah sakit.
Dalam persoalan ini pastinya perusahaan asuransi yg memiliki dukungan System Cashless memiliki kelebihan sendiri drpd perusahaan asuransi yg hanya menyediakan sistem reimbursement. Jadi tanyakan juga ke agen asuransi yg memberikan penawaran produk asuransi kesehatan keluarga apa perusahaan agen tersebut didukung pada metode proses Cashless / tetap memakai system Reimbursement.
12. Di Terima Seluruh Rumah Sakit
Pastikan rumah sakit apa saja yang dapat menerima klaim dari asuransi kesehatan tersebut. Cari yang asuransi kesehatan yg dapat menerima klaim dari seluruh rumah sakit di dalam ataupun di luar negeri. Kebanyakan pihak asuransi kesehatan telah mempunyai list rumah sakit yang kerja sama dengan mereka. Makin banyak yang kerja sama makin baik.
Ini yang paling penting pastikan melakukan pemilihan asuransi kesehatan keluarga yg memiliki dukungan dr semua rumah sakit tdk cuma sedikit rumah sakit pilihan yg mengakui klaim asuransi kesehatan itu, makin banyak rumah sakit yg berpartisipasi dgn perusahaan asuransi itu sudah pasti makin baik dan mudah pula pelayanan yg diberikan.
Maka tdk mesti melakukan pemilihan rumah sakit tertentu dahulu yg akan dipilih, minimal terdapat tidak bnyak opsi list rumah sakit paling dekat yg memperbolehkan klaim asuransi kesehatan yg dimiliki maka bisa melakukan pemilihan ingin memperoleh perawatan dirumah sakit dimana saja. Bertanya & meminta list rumah sakit yg menerima atau bekerja sama dgn perusahaan asuransi kesehatan keluarga yg dimiliki
Sebab sistem cashless, yang diuraikan dalam poin 1 diawal mulanya, cuma dapat dipakai di rumah sakit yang telah kerja sama dengan pihak asuransi. System cashless mesti diikuti dengan jumlah rumah sakit kerja sama yang tidak sedikit agar manfaatnya optimal.
13. Asuransi Kesehatan Keluarga
Memilih produk yg memberikan asuransi kesehatan keluarga. Yg dimaksud adlah disaat satu keluarga, contohnya 3 orang anggota, mengajukan maka cuma digunakan satu polis asuransi kesehatan. Seluruh anggota keluarga masuk hanya ke satu polis asuransi. Dengan hanya satu polis buat satu keluarga, preminya bakal jauh lebih murah, di bandingkan masing-masing anggota mesti membeli satu polis sendiri-sendiri.
Misalnya, ini kisah nyata, ada satu keluarga terdiri dari 4 orang. Mereka ajukan asuransi kesehatan klas kmar 500rb. Dgn asuransi kesehatan keluarga, keseluruhan premi yaitu Rp 20 juta setahun. Sementara, bila beli polis sendiri-sendiri, keseluruhan premi untuk 4 orang ialah 48 juta rupiah pertahun.
14. Syarat Rawat Inap
lihat syarat rawat inap yang diterapkan oleh pihak terkait. Detilnya perhatikan di polis atau tanyakan ke agen saat ajukan proposal ke Kamu.
15. Jumlah tanggungan Asuransi Keluarga
Terdapat Perusahaan asuransi cuma memberikan tanggungan maksimal 3 anggota keluarga, yg diartikan memberikan perlindungan dana saat dirawat hnya dberikan atau cuma bisa digunakan oleh suami, istri & 1 anak. dan ada sebagian perusahaan asuransi lainnya menanggung bisa mencapai 5orang. Maka cerdiklah dlm memilih.
jika anda hanya memiliki satu orang anak sebaiknya memilih asuransi kesehatan yg cukup melakukan penanggungan 3 orang saja dan tentunya jumlah preminya lebih sedikit dibandingkan asuransi kesehatan yg memberikan penanggungan 5orang anggota keluarga. namun jika anda memilik anak lebih dr 1 alangkah baiknya memikirkan lg perusahaan & produk paket asuransi mana yang akan anda pilih.
16. Jumlah premi Asuransi Kesehatan
Banyaknya premi yang harus anda bayar setiap bulan nya juga merupakan faktor utama utk diperhatikan, Beberapa perusahaan asuransi mennentukan jmlh premi yg kecil akan tetapi manfaat yang didapatkan biasa saja. Namun ada beberapa perusahaan asuransi yg melakukan penetapan premi yang tinggi namun manfaat yang bisa kita dapatkanpun tidak jauh berbeda.
Maka cerdiklah saat melakukan pemilihan, meminta draft atau daftar biaya dr sebagian perusahaan asuransi kesehatan keluarga lalu perbandingkan produk yg lebih sesuai utk satu keluarga. tetapi rata-rata jika preminya besar umumnya pertanggungan yg akan diberi pasti besar & keseluruhan masuk didlmnya tagihan kamar, ongkos dokter & pengeluaran perawatan lainnya.
17. Jumlah Klaim Asuransi Kesehatan Keluarga
Diwajibkan bertanya kpd agen asuransi yg memberikan penawaran dokumen asuransi mengenai banyaknya jmlh pertanggungan / penggantian biaya yg nantinya diperoleh jika suatu saat sakit & sampai dirawat atau terkena musibah. Harus juga ditanyakan juga atau Lihat daftar biaya-biaya apa saja yg diganti saat mengajukan klaim asuransi kesehatan.
Ada beberapa Perusahaan asuransi Kesehatan yang hanya memberikan dana bantuan perhari. Metode lup-sum contohnya bantuan yang anda dapatkan sekitar Rp 500.000 kemudian dikalikan dgn jmlh hari saat dirawat dirumahsakit. Banyaknya bantuan umumnya bergantung kepada bnyaknya premi yg biasa dibayarkan.
System lup-sum sendiri mempunyai nilai tambah dan kekurangan karena mereka hanya memberikan santuan dengan jmlh terbatas dan tdk memberikan penanggungan dana saat dirawat, pelunasan kamar, tagihan dokter & tagihan lain. Apabila terjadi saat tagihan biaya perawatan sangat banyak tidak sebanding dgn dana bantuan asuransi, dipastikan anda musti menanggung kekurangan biaya perawatan lainnya. Sedangkan nilai plusnya jika biaya saat dirawat tidak lebih besat dr bantuan.
Kemudian ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan keluarga yg memberikan penanggungan full utk pendanaan saat dirawat & penyembuhan, termasuk biaya dokter, pemeriksaan penunjang dan kebutuhan dana lainnya. Sudah dipastikan akan membantu & lebih bagus dari biaya santunan, akan tetapi itu kembali kpd calon nasabah produk mana yg akan dipilih, cara dan jumlah klaim asuransi yg mana yg diminati sinkronkan juga dgn premi yang harus dibayar.
18. Pilih asuransi yang meng-cover penyakit kritis
Yang termasuk dalam kategori penyakit kritis contohnya : jantung, cancer, tumor, dan stroke dll. Ini adalah penyakit yang bisa paling ditakuti oleh semua orang
19. Pilih asuransi yg memberikan proteksi cacat tetap total
Disamping mampu melakukan perlindungan trhadap penyakit kritis, keadaan bermanfaat yg lain dapat dijadikan keutamaan adlh asuransi itu diharuskan memberikan cover cacat tetap/total, disebabkan krna sakit ataupun musibah tabrakan hingga yg mengalami tersebut tdk dapat bekerja lagi.
20. Masa Proteksi
Jika Anda memutuskan utk mempunyai perlindungan lebih sekarang, maka seharusnya melakukan penghitungan bisa sampai di usia berapa Anda akan diproteksi,
21. Testimoni Nasabah Lain
Lebih baik memilih perusahaan asuransi yg sudah bisa dipercaya dan memiliki testimony yg positif dr nsabah yg sudah mengikuti & membeli produknya.
22. Penilaian media
Memilih asuransi kesehatan yg mampu benar2 sudah memperoleh kesan positif dari penilaian diberbagai media, seperti Media Asuransi & Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) Indonesia.
Setelah banyak Tips dalam melakukan pemilihan Asuransi kesehatan dapat disimpulkan :
1. Tahu jelas berapa jmlh anggota keluarga yang akan ditanggung oleh polis asuransi tersebut.
2. Bertanya serta membandingkan Jmlh premi yg akan wajib dibayar setiap bulannya antara satu atau lebih perusahaan asuransi yg memiliki produk asuransikesehatan keluarga
3. Mengetahui tentang berapa kisaran tanggungan biaya yang kita terima /manfaat yg nanti akan diperoleh jikalau pada saat nnti terkena sakit / kecelakaan
4. Ketahui dan tanyakan dengan pasti mengenai alur tahapan klaim asuransi kalau diperlukan, Masuk didalamnya tahu mengenai persyaratan, sistem atau kemudahan dalam melakukan klaim asuransi.
5. Memastikan Perusahaan asuransi Kesehatan utk keluarga yang anda pilih bekerja sama dengan banyak rumah sakit tidak cuma rumah sakit pilihan yg bisa memperkenankan pergantian biaya klaim asuransi kesehatan yang anda miliki
Di Negara kita ditemui tidak sedikit macam2 asuransi kesehatan yg ditawarkan. Masing-masing bisa akan mengklaim dirinya sebagai asuransi kesehatan paling baik. Jika saat menerima slogan & penawaran brosur / bulletin dari perusahaan-perusahaan asuransi tersebut, kita dijamin pasti kebingungan. asuransi kesehatan yg paling baik dan juga mana yang kurang atau tidak bagus.
Untuk itu kita sangat diperlukan menemukan antara keperluan asuransi dengan program asuransi kesehatan yang mereka tawarkan. Sudah dipastikan setiap orang mempunyai keperluan asuransi yang berbeda. Demikian juga pula masing-masing perusahaan asuransi mempunyai produk, sistem & tahapan sebuah system pembayaran premi yang berbeda.
Pertama-tama harus jelas dulu utk apa mengikuti sebuah asuransi kesehatan. Jika merangkum & dgn pemahaman yg simple, pada dasarnya alasan2 apabila orang ikut dalam perencanaan asuransi kesehatan adlh :
1. Kesadaran dan pemahaman bahwa kesehatan itu mahal.
2. Pembiayaan rumah sakit yg makin mahal.
3. Kondisi kesehatan tidak bisa diramalkan (unpredictable).
4. Paham resiko pekerjaan krn berada dilapangan.
5. Tidak memiliki proteksi dari kantor / tempat bekerja.
6. Berstatus karyawan swasta & tdk terjaminnya kesehatan.
7. Agar jika akan melakukan pengobatan di rumah sakit bisa gratis.
0 Response to "Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik"
Posting Komentar